Kota Metro

Urus NIB di Metro Timur Gak Pake Ribet Ini Penjelasannya

Gayabarunews.com, Metro — Permudah pembuatan Nomor Induk Beruasaha, kini Kecamatan Metro Timur telah menyiapkan Mesin Anjungan Mandiri (MAM) untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Inovasi ini dilakukan Kecamatan Metro Timur, guna mengikuti perkembangan zaman yang kini telah menuju ke era digital.

Demikian diungkapkan, Camat Metro Timur, Ferry Handono saat dikonfirmasi diruangannya, Rabu (18/01/2023).

Dijelaskannya, MAM itu telah ada sejak bulan Desember 2022 lalu, dan itu untuk mempermudah masyarakat yang ingin melakukan pembuatan NIB atas usahanya.

“Itu dapat langsung digunakan oleh masyarakat, cukup datang ke Kecamatan dan nanti ada staff kita yang membantu melayani,” ungkapnya.

Selain itu, pada pelayanan pembuatan NIB di Kecamatan Metro Timur tidak hanya terdapat MAM, disana juga telah terdapat mesin printer dimana warga juga dapat langsung mencetak dokumen yang dibutuhkan dilokasi.

Dikatakannya, untuk lebih memudahkan masyarakat dalam pembuatan NIB di MAM tersebut, fasilitas MAM juga telah dilengkapi dengan jaringan yang dapat dijamin kecepatannya, sehingga dapat membantu mempercepat pelayanan.

“Warga, cukup membawa E-KTP, Nomor Whatsapp Aktif / E-mail Aktif untuk bisa mengakses situs OSS dalam Pembuatan NIB,” jelasnya.

“Kemudian mengisi data-data yang dibutuhkan di Website OSS, dan tak perlu waktu lama, sekitar 8 menit proses pembuatan NIB di Metro Timur sudah selesai,” sambungnya.

Menurutnya, adanya MAM itu dapat membantu masyarakat dalam pembuatan NIB, dimana NIB merupakan nomor identitas pelaku usaha sesuai dengan bidang usaha yang diatur dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) tahun 2020.

“Apalagi, NIB ini juga dibutuhkan masyarakat agar bisa mendapatkan program-program bantuan dari pemerintah,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, kedepan pada MAM itu juga akan digagas penyediaan informasi penduduk, peta Kecamatan Metro Timur dan Informasi kependudukan lainnya.

“Nanti akan kita tambahkan penyediaan informasi kependudukan, jadi apabila ada yang membutuhkan bisa langsung melalui MAM tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kecamatan Metro Timur telah melaunching Program Smart Village di Kelurahan Tejosari, dan itu akan segera diselaraskan di keempat kelurahan lainnya pada tahun 2023 ini. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *