Kota Metro

Berbagai Capaian Prestasi Pemkot Metro Di Kelurahan Hadimulyo Timur Ini Penjelasannya

GayaBaruNews.com |Lurah Hadimulyo Timur, Muhammad Aryo Pratito, mengungkapkan berbagai prestasi yang telah diraih di wilayahnya, termasuk keberhasilan program Pemerintah Kota Metro.

Menurut Muhammad Aryo, Kelurahan Hadimulyo Timur memiliki beragam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Bank Sampah, serta Kelompok Masyarakat seperti TABUH (Tabungan Subuh) atau komunitas taat, kelompok tani (poktan), dan kelompok peternak.

“Salah satu contohnya adalah Bank Sampah di Hadimulyo Timur, yang mungkin menjadi salah satu yang terbaik di Metro, yaitu Bank Sampah Hati Berseri,”kata Muhammad Aryo.

Kesuksesan tersebut diraih Kelurahan Hadimulyo Timur berkat adanya kolaborasi dan kerjasama yang baik dengan Pengadaian dan Bank Lainnya untuk membantu terkait dana dan pemasaran produk yang dihasilkan.

“Rencananya, Bank Sampah Hadimulyo Timur akan diubah dari Bank Sampah Unit menjadi Bank Sampah Induk. Proses ini masih dalam tahap proses, “pungkasnya.

Sebagai pilot project Kota Metro, keberhasilan Bank Sampah Hati Berseri juga nampak dari banyak nasabah yang turut berpartisipasi, tidak hanya dari warga Kelurahan Hadimulyo Timur, tetapi juga dari warga di luar kelurahan.

“Nasabah di Bank Hati Berseri tidak hanya berasal dari warga Hadimulyo Timur, tetapi juga dari warga kelurahan lainnya. Selain itu, beberapa sekolah juga telah menjalin kerjasama melalui (MOU), termasuk MoU dengan SMA 5 Bandar Lampung,”ungkapnya saat ditemui di Kantor Kelurahan, Rabu (31/07/2024).

Muhammad Aryo Pratito mengungkapkan bahwa melalui program Bank Sampah, Kelurahan Hadimulyo Timur saat ini mampu mengumpulkan lebih dari 1 ton sampah setiap bulannya.

“Sampah tersebut kemudian dikirim ke bank sampah induk atau dijual ke penampung yang ada di luar kota,”jelasnya.

Selain menjadi pusat Bank Sampah yang sukses, Kelurahan Hadimulyo Timur juga dikenal sebagai wilayah yang memiliki banyak peternak kambing yang dikenal dengan Jalan 22 Kambingan.

“Disana memang banyak sekali peternak kambing dan juga kalau setiap idul adha banyak orang dari luar kota maupun luar provinsi itu nyari kambingnya di Hadimulyo timur, karena kualitasnya sudah bagus dan petaninya sudah pengalaman, “terangnya.

Untuk mendukung peternak lokal, Kelurahan Hadimulyo Timur juga memberikan bantuan berupa bibit ikan, tanaman, dan pakan ternak ikan kepada para peternak yang ada diwilayahnya.

“Kami menetapkan tahun ini bantuan yang berasal dari kelurahan adalah berupa bibit ikan, tanaman, dan pakan ternak ikan, sedangkan usulan bantuan yang lebih besar diajukan ke Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Metro,”tuturnya Muhammad Aryo.

Pada tahun 2024, Kelurahan Hadimulyo Timur juga mendapatkan alokasi pembangunan yang diusulkan pada musrenbang tahun 2023, beberapa proyek yaitu Jalan WR. Supratman, Jalan Kanguru dan Tesiar di Sawah Kanguru.

“Alhamdulillah seluruh program Walikota dan Wakil Walikota Metro telah berjalan baik di Hadimulyo Timur, seperti Kartu Metro Ceria untuk anak-anak kurang mampu melanjutkan sekolah, Home care yang memberikan santunan dan motivasi kepada lansia, orang sakit, atau orang lumpuh serta Program PKK yaitu TABUH (Tabungan Subuh) yang dikemas dalam komunitas taat, “bebernya.

Program Tabungan Subuh merupakan inisiatif Pemerintah Kota Metro yang juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat Kelurahan Hadimulyo Timur, karena dapat menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada masyarakat, dengan cara menyisihkan sebagian rezeki untuk kemudian dibagikan dalam bentuk sayur, beras, dan mie setiap hari Minggu pagi.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *