Lampung Timur

Alokasi Dana BOS SD N 01 Sadar Sriwijaya Diduga Diselewengkan

Gayabarunews.com | Lampung Timur – Diduga SD Negeri 1 Sadar Sriwijaya, Lampung Timur tidak transparan dalam penggunaan Dana Oprasional Sekolah tahun Anggaran 2020 – 2023.Pasalnya pada tahun 2020 yang lalu seluruh Negara mengalami (Pandemi Civid 19) juga termasuk Indonesia, yang salah satu imbasnya tidak adanya kegiatan belajar mengajar tatap muka.

Asih C Wanara Ketua Gerakan Pemuda Bangkit (GEPB) mengatakan, ketika Pandemi Covid terjadi ada pembatasan secara sosial, jadi tidak ada pembelajaran tatap muka. Sementara Dana BOS bagi sekolah – sekolah tetap disalurkan oleh pemerintah.

Kemudian seperti apa penggunaan dana oprasional bantuan sekolah tersebut, apakah sudah sesuai dengan aturan.

Lanjut Asih, sebagai kontrol sosial pihaknya meminta agar kepala sekolah SD N 1 Sadar Sriwijaya, Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur, dapat bersikap terbuka dan transparan dalam penggunaan anggaran dana BOS di sekolah.Memasang papan informasi realisasi penggunaan anggaran dan BOS, yang di atur dalam Juklak dan Juknisnya.

” Yang kami lakukan adalah kontrol sosial, memastikan Penggunaan dana BOS tersalurkan dengan benar dan sesuai dengan aturan, mengingat di tahun 2020-2021 pandemi covid sedang melanda, tidak ada pembelajaran tatap muka di sekolah. Selain itu juga mustinya pihak sekolah membuat papan informasi realisasi penggunaan anggaran BOS tersebut, supaya masyarakat dapat mengetahui dengan jelas tanpa harus menduga – duga pengunaannya. Ikuti saja Juklak dan Juknis yang telah dibuat Pemerintah, “kata Asih, di kantornya pada Kamis, (29/08)

Ditambah lagi biaya pemeliharaan Sekolah yang diduga Kuat di Gunakan oleh kepala Sekolah, dengan tidak mengikuti aturan. Hal itu dapat kita lihat dari keadaan Sekolah yang sangat tidak terawat. Pelafon yang rusak, salah satu contoh bahwa bangunan sekolah tidak terawat dengan baik, “imbuhnya.

Sementara ketika dikonfirmasi awak media pihak SD Negeri 1 Sadar Sriwijaya, Bandar Sribawono, belum memberikan keterangan terkait penggunaan Dana BOS tahun anggaran 2020-2023 yang menjadi dugaan penyimpangan.

Hingga berita ini di turunkan kepala sekolah SD N 1 Sadar Sri Wijaya Belum bisa di temui guna melengkapi infornasi.

 

(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *