Lampung Tengah

Bikin Surat Pengantar Nikah di Kantor Kampung Kotagajah Timur Berbayar 500 Ribu

Gayabarunews.com, Lampung Tengah – Pungli adalah salah satu tindakan melawan hukum yang diatur dalam undang-undang nomor 31 tahun 1999 junto. Undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Pungutan liar juga termasuk tindakan korupsi dan merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang harus diberantas.

Ditengah pandemi seperti ini masih banyak oknum penjabat pemerintah yang masih memberikan tarikan yang membebani masyarakat.

Lk seorang pemuda yang hendak membuat surat pengantar nikah ke kantor kampung Kotagajah Timur Kecamatan Kotagajah Lampung Tengah, untuk memenuhi salah satu persyaratan pembuatan surat nikah.

Dirinya merasa sangat kaget, setelah mengetahui untuk pembuatan surat pengantar nikah dari kantor kampung kotagajah Timur, harus membayar sejumlah uang yang cukup besar yakni Rp 500.000.00 (Lima Ratus Ribu Rupiah).

“Salah seorang wanita dengan mengunakan pakaian berwarna cokelat, yang di duga adalah pegawai yang bertugas di kantor kelurahan kotagajah Timur mengatakan kepada saya, untuk pembuatan surat pengantar nikah dikenakan biaya sebesar Rp. 500.000.00 (Lima Ratus Ribu Rupiah),” ujar LK Senin, (07/03/2022).

“Setelah saya tahu hal tersebut saya langsung menelpon kakak saya karena saya kaget dan saya tidak punya uang sebanyak itu. Kemudian kakak saya datang dan langsung memberikan uang sebesar Rp 500,000 kepada salah satu pegawai yang bertugas di kantor kampung kotagajah Timur,” imbuh LK.

Kemudian saat saya memberikan uang tersebut pegawai yang bertugas mengatakan, kalau peraturan ini sudah lama berlaku bagi siapa saja yang ingin membuat surat pengantar nikah, dan kalau mau ke KUA sendiri silahkan, tetapi di potong sebesar Rp.50.000.00 (Lima Puluh Ribu Rupiah).

Diwaktu yang bersamaan oknum pegawai yang menerima uang sebesar Rp500,000 tersebut mengatakan, kalau dari pihak wanita di kenakan biaya sebesar Rp.1,300.000 terima jadi. (Imron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!