Kota Metro

Disnakertrans mencatat ada penurunan TPT Di Kota Metro Th 2023

Gayabarunews.com | Metro, Pemerintah Kota Metro Melalui Disnakertrans, telah meraih pencapaian yang baik di tahun 2023 terkait kinerja, hampir seluruh dari target yang ditetapkan dalam Rencana Strategis maupun dalam perjanjian Kepala OPD dengan Walikota Metro.

Pada tahun 2023 tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kota Metro turun dari 4.34℅ menjadi 3.6℅.Keberhasilan. Capaian tersebut tergantung pada pemilihan program dan kegiatan prioritas yang dilaksanakan,yang dapat mendongkrak pencapain kinerja. Program dan kegiatan lebih banyak pada peningkatan kopetensi dan produktifitas tenaga kerja serta akses informasi bursa kerja bagi pencari kerja. (Kamis,27/06/24).

Kepala Disnakertrans Budi, menyampaikan capaian – capaian program kerja serta isu penting salah satunya Beberapa isu penting dalam pembangunan ketenagakerjaan di Kota Metro antara lain:

– Lapangan pekerjaan yang semakin terbatas;

– Masih tingginya jumlah penggangguran

Rendahnya tingkat pendidikan pencari kerja;

– Minimnya perlindungan hukum terhadap kasus ketenagakerjaan.

Upaya yang di lakukan menanggulanginya adalah :

Melaksanakan job canvassing atau pendataan lowongan harga sada perusahaan-perusahaan di dalam dan di luar wilayah Kota Metroaksanakan langsung ke lokasi perusahaan maupun pencarian info lowongan kerja sade perusahaan di luar daerah melalui media online dan Bursa Kerja Kous

Hasil dari pencarian info lowongan kerja tersebut kemudian disebarkan luaskan kemasyarakat/pencari kerja di Kota Metro, melalui media internet online, media elektronik (radio), pengumuman di papan ints pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Metro, surat Sekretaris Daerah ke kecamatan se-Kota Metro.
Melaksanakan Job Fair/Bursa Kerja Online, menginformasikan sebanyak 50 lowongan kerja pada 25 perusahaan baik di dalam maupun luar Kota Metro.

Memberikan pelayanan pembuatan ID Calon Pekerja Migran Indonesia.
Memberikan Pelatihan Desain Grafis dan Digital Marketing bagi pencari kerja di Kota Metro, sebanyak 40 orang. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat terbentuk pencari kerja terlatih dan wirausaha baru, “kata Budi.

“Ferry selaku Sekretaris Disnakertrans, menambahkan, baru – baru ini Pihaknya sudah melakukan langkah – langkah yang dibutuhkan, seperti berkoordinasi kepada kota lain seperti Kota Bekasi tentang peluang kerja serta Kota bekasi juga memili balai pelatihan paling lengkap.

” Kami sudah berkoordinasi dengan Kota bekasi terkait pelatihan kerja dan bursa kerja, mereka akan membuka peluang itu dengan catatan Pemeritah Kota Metro dapat mengakomodir biaya akomodasi. Selanjutnya InsyaAallah tahun ini kita akan berangkatkan 16 orang untuk pelatihan di Banten, “paparnya.

Upaya yang sedang dilakukan Disnakertran,selalu memberikan sosialisasi serta pembinaan, informasi baik secara online maupun off online, kepada masyarakat pencari kerja dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Metro dapat menurun. (Awi’)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *