Berita Kota

Galian Pasir Ilegal di Lamtim Lepas Dari Pantauan Petugas

Gayabarunews.com, Lampung Timur – Praktik tambang galian C ilegal di Kabupaten lampung timur terkesan lepas dari pantauan aparat penegak hukum, Diketahui harga pasir dari praktik tambang liar di Kabupaten lampung timur dibanderol antara Rp. 250 – Rp. 260 ribu per truk.

Dalam sehari lokasi tambang ilegal itu bisa memperoleh pasir sekitar 20-40 truk perhari-nya, tergantung cuaca dan kondisi alam.

Dengan demikian praktik satu tambang ilegal di Kabupaten lampung timur dalam satu bulan bisa menghasilkan Rp. 215 juta.

Dengan penghasilan sebesar itu, tentunya membuat para pemilik modal sangat tergiur dengan praktik tambang ilegal.

Mereka tentu tidak menghiraukan dampak adanya kegiatan tambang liar yang digunakan untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya sehingga sama sekali tidak mengindahkan rusaknya ekosistem lingkungan sekitar, yang mana dapat berpotensi besar mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor di kemudian hari.

Salah satu contoh praktik tambang yang diduga tak berijin itu ada di Desa braja luhur, Kecamatan braja selebah, Kabupaten lampung timur, yang seakan tak tersentuh hukum.

Hal itu diketahui dari masih beroperasinya penambang galian C, tepatnya di Dusun LI, Desa braja luhur, Kecamatan braja selebah Kabupaten lampung timur.

Aktivitas galian tambang diduga Ilegal itu-pun tampak berjalanan lancar, aman, dan tanpa hambatan.

Pantauan media ini di lapangan menemukan kegiatan tambang diduga tak berijin ini menggunakan alat berat (eksavator) serta puluhan Truk sebagai alat pengangkut hasil tambangnya.

Menurut keterangan warga desa setempat, mengatakan bahwa kegiatan tambang pasir Ilegal yang ada di desanya ini milik seseorang inisial NN.

Salah satu warga menjelaskan bahwa mengenai surat perijinan pertambangan ini sudah dipastikan tidak memiliki ijin sama sekali.

“Sudah jelas ndak ada izin itu mas,” jelas warga yang tak mau di sebutkan nama nya.

Bagaimana Tanggapan Pihak Dinas Terkait,,,??? Tunggu kupasan di Edisi mendatang.!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!