Lampung Timur

Keren! Inovasi Samsat Sukadana Bayar Pajek Bisa Melalui Bumdes

Gayabarunews.com, Lampung Timur – Keren, Inovasi yang akan di lakukan oleh Samsat Sukadana untuk mempermudah wajib pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kepala Samsat Sukadana Najwan mengatakan, pihaknya menggandeng Badan Usaha milik Desa (BUMDes) di Lampung Timur mengakomodir wajib pajak dengan menggunakan Aplikasi E-Samdes dan L-Smart.

“Jadi, masyarakat tidak usah jauh-jauh datang ke Samsat,” ujarnya, Rabu (12/1/2022).

Langkah ini, kata Najwan, untuk optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari PKB. Sesuai dengan program Gubernur Lampung Smart Village Lampung, untuk menciptakan desa pintar dengan mengadopsi teknologi informasi dalam membangun ekonomi masyarakat desa.

“Saya akan menghadap Bapak Bupati M. Dawan Rahardjo untuk menyampaikan inovasi ini serta meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur untuk membantu pelaksanaan sosialisasi aplikasi E-Samdes dari kecamatan sampai tingkat desa” ungkapnya.

Lebih lanjut Najwan menjelaskan, inovasi ini juga didasari rendahnya kesadaran membayar pajak kendaraan bermotor jenis kendaraan roda 2 (motor) khususnya didesa.

“Sehingga dengan adanya inovasi ini memberikan alternatif kemudahan pembayaran PKB secara digital atau online, meningkatkan peran BUM-Des dalam menggerakkan ekonomi masyarakat,” tegasnya.

Najwan juga meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Timur turut mensosialisasikan inovasi ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!